Latar Belakang

uin-syarif-hidayatullah-menuju-world-class-university-kelompok1-citizen-130529

UPT. Pusat Pengembangan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah Unit Pelayanan Teknis yang bertanggung jawab langsung kepada Rektor dan Wakil Rektor II bidang Administrasi Umum, merupakan pelaksana kegiatan monitoring dan evaluasi pengembangan bisnis melalui proses penetapan dan pemenuhan standar mutu dan kualitas, pengelolaan secara konsisten dan berkelanjutan.

Salah satu upaya guna meningkatkan kualitas pelayanan bisnis, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Agama RI nomor 6 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bagian ketujuh Unit Pelayanan Teknis Pasal 84 : Unit Pelaksana Teknis sebagaimana dimaksud dalam pasal 5 huruf f, merupakan unsur penunjang dalam penyelenggaraan pendidikan dilingkungan Universitas Pasal 90 yaitu Pusat Pengembangan Bisnis sebagaimana dimaksud dalam pasal 85 huruf e, mempunyai tugas pengelolaan, pemasaran, pengembangan dan kerjasama bisnis universitas.

Perubahan tata kelola sistem keuangan dengan mengedepankan kemandirian lembaga yang kemudian mendorong pemerintah Indonesia untuk menentukan beberapa Perguruan Tinggi Negeri baik PTU maupun PTAI sebagai Perguruan Tinggi yang sistem pengelolaan keuangannya menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Sistem BLU ini akan mendorong Perguruan Tinggi dimaksud untuk mandiri dan memberikan hak penuh dalam pengaturan keuangan kampus sesuai dengan kebutuhannya, sehingga kampus asset management dan pengembangan jiwa entrepreneur menjadi hal yang mutlak untuk dilakukan.

Berlatar belakang hal diatas yang mendorong UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui Pusat Pengembangan Bisnis mencoba mengembangkan bisnis untuk pengembangan kampus yang mandiri dan profesional serta menjadi financial supporter kampus.